Victor or Victim

July 16, 2017 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

Mental Pemenang

(Roma 8:31-39)

 

Menjadi seorang pemenang tentunya sangat diinginkan oleh semua orang. Tentunya anak Tuhan juga menginginkan hal yang demikian. Seorang pemenang adalah seorang yang tetap bertahan dalam segala persoalan dan memiliki sikap hidup yang positif yaitu tetap bersyukur, berdoa dan terus melakukan segala sesuatu dalam memecahkan persoalan itu yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Lawan dari kemenangan adalah kekalahan. Orang yang kalah maka dia akan selalu mengeluh dengan persoalan yang dihadapinya dan juga dia lebih banyak menyalahkan orang lain. Dalam pendangannya orang lain lah yang menyebabkan sehingga dia mengalami persoalan. ini orang yang kalah dan berlaku seperti seorang “korban”, seperti seorang yang sudah tidak memiliki kekuatan lagi. Tipe orang yang kalah adalah orang yang memiliki mental “korban”.

Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal akan tetapi orang yang tidak mau hidup dalam kegagalan. Artinya perjuangannya tidak berhenti pada saat kegagalan dia alami.  Seorang Pemenang memiliki ciri-ciri yang ada dalam dirinya, dalam mentalnya :

  1. Pemenang tahu identitasnya, banyak anak Tuhan tidak tahu identitasnya mereka hanya tahu bahwa dia sudah menjadi kristen. Identitas diri kita dalam Tuhan adalah identitas yang lebih dari pemenang (Roma 8:37). Firman Tuhan adalah perkataan Tuhan yang adalah kebenaran yang menyatakan bahwa kita lebih dari pemenang. Seorang Pemenang adalah melakukan hal-hal benar karena dibenarkan oleh Tuhan.
  2. Pemenang mempunyai sudut pandang yang berbeda, dalam menghadapi suatu yang sulit kadang kita terlalu melihat masalah dibanding melihat dan mencari Tuhan. Saat masalah datang maka berarti level iman kita sedang naik, justru itu saat kita sedang dalam masalah maka kita harus mempunyai sudut pandang yang berbeda. Saat kita menerima Yesus sebagai juruselamat kita maka kita ada dalam kemenangan yang Tuhan janjikan. Oleh sebab itu maka itu harus selalu ingat dan harus menjadi pegangan kita bahwa dalam segala sesuatu yang terjadi maka kita pasti akan menang karena segala sesuatu dibuat Tuhan untuk mendatangkan kebaikan (Roma 8:28)
  3. Pemenang tahu diri (memiliki kesadaran), setiap keberhasilan dalam bentuk  apapun juga maka kita harus sadari bahwa semuanya itu karena Tuhan. Dalam Roma 8:38, bahwa semuanya itu didasari oleh karena kasih Yesus. Dalam hal berdoa banyak anak Tuhan yang meminta sesuatu yang sebenarnya belum layak dia terima, sehingga sesuai dengan yang dikatakan Alkitab bahwa ada orang yang salah dalam meminta. Sebab itu kita harus tahu diri.

Mari kita menyadari kebenaran Firman Tuhan ini, bahwa kita yang sudah ada dalam Tuhan maka kita sudah dijadikan orang-orang yang lebih dari Pemenang. Jadilah orang yang tahu identitasnya dalam Tuhan, milikilah sudut pandang yang berbeda (sudut pandang yang positif) dalam menghadapi masalah, dan biarlah kita tahu diri kita siapa, bahwa semuanya boleh jadi karena kasih Karunia Tuhan.

(Ps.Citra.Kurniawan)

Ringkasan Khotbah