Tetap Semangat

October 8, 2017 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

SEMANGAT UNTUK MEMENANGKAN PERTANDINGAN

(Ibrani 12:1-2)

Kehidupan orang Percaya digambarkan dalam Firman Tuhan seperti orang yang sedang bertanding dalam  gelanggang pertandingan. Oleh sebab itu diperlukan suatu semangat untuk kita bisa memenangkan setiap pertandingan ini. Adapun pertandingan yang sedang kita lakukan adalah pertandingan iman. Ketika kita dalam pertandingan maka ada penonton yang sedang memperhatikan dan menonton. Yang sedang menonton kita adalah para orang-orang yang sudah menyelesaikan pertandingannya dan menjadi saksi-saksi iman, Seperti yang terdapat dalam Ibrani 11. Para saksi iman antara lain Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf dan lain-lain. Tentunya ini adalah pertandingan yang sungguh besar. Tantangan yang datang pun begitu berat. Kita harus menanggalkan segala  beban dan dosa kita. Beban hidup yang begitu berat kadangkala membuat kita tidak memiliki semangat. Oleh sebab itu penting sekali kita untuk memiliki semangat.

Semangat sangat diperlukan untuk kita menjadi seorang pemenang. Ketika Yosua dipilih untuk menggantikan Musa maka Yosua kehilangan semangat karena dia menyadari bahwa menjadi seorang pemimpin menggantikan Musa bukan tugas yang gampang dan ringan. Oleh sebab itu Tuhan datang berfirman kepada Musa supaya memberikan Yosua semangat (Ul 1:38). Tuhan berjanji akan menyertai Yosua dan akan memberikan keberhasilan dalam kepemimpinan Yosua asalkan Yosua tetap taat kepada Tuhan dan Firman Tuhan. Ketika banyak kemenangan yang dialami oleh Yosua dan bangsa Israel maka membuat bangsa-bangsa lain takut dan kehilangan semangat (Yos 2:10; 5:11). Tuhan sangat memperhatikan anak Tuhan secara khusus tentang semangat. Tuhan juga memberikan semangat kepada Raja Asa ketika sedang melakukan pembaharuan di kerajaan Yehuda (2 Taw 15:7).

Banyak anak-anak Tuhan yang kehilangan semangat ketika  dia merasa bahwa  doanya tidak dijawab oleh Tuhan. Firman Tuhan mengingatkan bahwa ketika lemah semangat kita (semangat yang patah) maka akan mengeringkan tulang sehingga mengakibatkan sakit dan penderitaan yang lebih lagi (Ams 17:22b). Sebab itu jagalah semangat kita karena dengan semangat maka kita bisa menanggung penderitaan kita (Ams 18:14).

Untuk kita tetap memiliki semangat, maka kita harus dekat dengan Tuhan dan meminta kepada Tuhan karena Dia pasti akan memberikannya (Yes 40:29). Firman Tuhan adalah petunjuk Tuhan untuk kita menerima semangat, oleh sebab itu kita harus  tetap membaca dan merenungkan Firman Tuhan dan tentunya melakukannya.  Daud adalah contoh orang yang memiliki semangat. Ketika dia sedang dalam masalah. dia tetap bersemangat dan menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan (1 Sam 30:6), dan akhirnya Daud ditolong oleh Tuhan, Daud mengalami kemenangan yang besar (1 Sam 30:17).

Sebab itu tetaplah bersemangat, masalah akan tetap ada tetapi ketika kita bersemangat maka pasti akan bisa diselesaikan dengan baik. Kita pasti akan menang. Tuhan pasti akan menolong orang-orang yang hidupnya berkenan dihadapan Tuhan, tangan Tuhan selalu menopang (Maz 37:23-24). Tetap semangat dan selesaikan pertandingan dengan kemenangan.

(Ps.Emma.Roslim)

 

 

 

 

 

Ringkasan Khotbah