Never Give Up

September 24, 2017 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

NEVER GIVE UP

(Amsal 24:16)

Untuk kita mendapatkan suatu hasil yang memuaskan maka dibutuhkan proses yang tidak gampang. Sebab itu, ketika kita bisa bertahan dalam proses maka hasil itu pasti akan kita raih. Dan untuk kita bisa bertahan dalam setiap proses maka membutuhkan yang namanya komitmen. Komitemen bisa terbangun ketika kita memiliki sifat yang pantang menyerah. Ada banyak orang tidak bisa meraih hasil yang maksimal karena tidak memiliki sifat yang pantang menyerah. Yesus Tuhan kita sudah memberikan teladan ketika dia memiliki sifat yang tidak gampang menyerah, sehingga hasil akhirnya dia meraih hasil yang maksimal yaitu berhasil menebus dosa keselamatan seluruh umat manusia. Kita bisa melihat bahwa Untuk Yesus membayar semua dosa kita, maka Dia harus melewati proses yang tidak gampang (Filipi 2:6-8), dan tapi Dia mampu karena Dia mempunyai komitmen dalam Kasih-Nya kepada umat manusia (Yohanes 3:16; Yohanes 10:11,15), Yesus memiliki komitmen karena memiliki sifat yang pantang menyerah yang terbukti lewat ketekunan-Nya (Ibrani 11:2,3)

Banyak orang yang gagal untuk menjadi pemenang, karena mereka tidak memiliki sikap yang pantang menyerah. Kenapa orang gampang menyerah ? Salah satu alasan karena mereka tidak memahami arti kehidupan di bumi ini seperti apa. Ada banyak orang ketika mengalami masalah , sudah merasa tidak ada jalan keluar lagi sehingga akhirnya mengakhiri hidup dengan cara yang tidak berkenan yaitu bunuh diri. Oleh sebab itu kita harus melihat dalam pandangan Firman Tuhan, bagaimana dengan kehidupan kita selama ada di bumi ini :

  1. Hidup kita dibumi hanya sekali (Pengkhotbah 3:2)
  2. Hidup kita dibumi hanya singkat (Yakobus 4:14)
  3. Hidup kita dibumi hanya sementara (2 Korintus 5:1)
  4. Hidup kita dibumi hanya karena Kasih Karunia Tuhan (1 Korintus 15:10a)
  5. Hidup kita dibumi adalah kesempatan untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan (Filipi 1:21-22)
  6. Hidup kita dibumi adalah perjuangan (Ayub 7:1)

Setidak-nya ada 6 hal yang kita bisa lihat tentang arti kehidupan kita selama di bumi ini, salah satu yang kadang kala banyak orang lupa yaitu hidup itu adalah perjuangan. Banyak orang mempunyai pandangan bahwa  kalau hidup di bumi ini harus bahagia terus, tentunya bukan seperti itu. Selama kita hidup dalam dunia ini, maka selama itu pula kita harus berjuang dengan tidak pernah menyerah.

Alkitab menjelaskan salah satu cerita, bagaimana orang yang memiliki sifat yang tidak pernah menyerah yang membuat dia akhirnya menikmati mujizat yang dari Tuhan. Dalam Matius 15:21-28, kita bandingkan dengan Markus 7:24-30, maka ada 3 hal yang dilakukan perempuan ini sehingga dia memiliki sifat yang tidak menyerah :

  1. Memiliki kerendahan hati di hadapan Tuhan (Markus 7:25)
  2. Menjadi orang yang tetap memuji dan menyembah Tuhan (Matius 15:25)
  3. Memiliki perkataan yang positif (perkataan iman)                 (Markus 7:29)

Mari kita lakukan seperti yang dilakukan oleh perempuan ini, milikilah sifat pantang menyerah, bangun komitmen kita, tetap bertahan dalam proses, dan selamat menikmati hasil yang luar biasa. Amin

(Ps.Jeffry.R.W)

Ringkasan Khotbah