NASEHAT KEHIDUPAN

June 17, 2018 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

Kehadiran Tuhan Yesus ke dalam dunia yaitu untuk      mengorbankan diri-Nya dengan mati di atas kayu salib, bangkit, dan naik ke Sorga bagi kita (Yesus menyatakan diri-Nya       sebagai Tuhan) dan yang kedua untuk mengajar kita bagaimana hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan (Yesus sebagai teladan, Yesus sebagai Guru Agung kita), sesuai dengan perkataan Yesus bahwa Dialah Tuhan dan Guru (Yohanes 13:13).

Yesus adalah Guru terbaik dalam memberikan nasehat /pelajaran dalam mengatasi masalah kehidupan di dunia ini. Banyak yang mencari nasehat yang terbaik untuk memecahkan setiap masalah. Namun semua nasehat tidak akan ada yang menyamai nasehat terbaik dari Guru kita yaitu Yesus Kristus.

Ada sebuah cerita yang menggambarkan bagaimana Yesus memberikan nasehat dan pelajaran penting kepada murid-murid-Nya ketika mereka sedang menghadapi masalah yaitu ketika sedang dalam perjalanan dan akhirnya datang angin ribut     menimpa perahu mereka (Matius 8:23-27). Masalah ini menim-bulkan kepanikan dan ketakutan yang dalam, karena hal ini menyangkut nyawa mereka. Sehingga ketika mereka membangunkan Yesus, mereka menganggap bahwa mereka akan mati. Hingga akhirnya Yesus menolong mereka dan memberi mereka nasehat bahwa untuk mengatasi setiap masalah maka dibutuhkan iman yang teguh. Yesus mengkritik akan keper-cayaan mereka yang masih kurang (Mat 8:26). Itu yang mem-buat murid-murid-Nya ketakutan.

Hal ini mengandung sebuah pelajaran penting bagi kita bahwa setiap anak Tuhan harus tetap memiliki iman yang kuat. Masalah akan dapat dikalahkan asalkan kita tetap percaya, berharap dan mengandalkan Tuhan. Iman adalah sebuah peng-hubung untuk kita mengalami pertolongan Tuhan dalam mengatasi setiap masalah. Iman mengantarkan kita kepada kemenangan  (1 Yoh 5:4). Tuhan Yesus menasehatkan kita untuk kita tetap beriman kepada-Nya.

 

Renungan