Mengatasi Tekanan Hidup

September 3, 2017 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

Setiap manusia yang hidup dalam dunia ini pasti mengalami persoalan, dan kadang kala persoalan itu dirasakan begitu berat sehingga menjadi sebuah tekanan hidup. Sehingga ketika tekanan hidup itu terus dialami dan tidak bisa diatasi maka akan mengakibatkan sebuah penderitaan. Penderitaan yang terus berlanjut akan mencapai puncaknya ketika mengakhiri hidup dengan cara bunuh  diri. Tentunya bunuh diri bukan jalan keluar yang terbaik, bunuh diri adalah sebuah dosa karena bunuh diri tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Perjalanan bangsa Israel pernah mengalami suatu masalah dimana mereka mengalami tekanan hidup yang begitu besar ketika mereka berada dalam ancaman bangsa Mesir yang mengejar bangsa Israel untuk dimusnahkan.  Dalam pengejaran bangsa Mesir akhirnya bangsa Israel berada di tepi laut Teberau yang artinya bangsa Israel sudah tidak ada jalan lagi untuk lari dari bangsa Mesir.  Tapi bangsa Israel sebagai bangsa yang dikasihi oleh Tuhan, maka diberikan pertolongan oleh Tuhan. Pertolongan Tuhan untuk mengatasi tekanan hidup bisa terjadi asalkan kita mengikuti cara-cara yang diajarkan oleh Tuhan dalam Firman-Nya.

Cara untuk mengatasi tekanan hidup :

  1. Fokus kepada Tuhan (Keluaran 14:13-14)

Setiap masalah yang kita alami jangan sampai membuat kita untuk lebih focus kepada masalah dibanding kepada Tuhan. Karena masalah yang kita alami harus membuat untuk lebih mengarahkan hati dan pikiran kepada Tuhan. Kita harus lebih mencari Tuhan dibanding mencari manusia. Orang yang lebih focus kepada masalahnya maka akan membuat masalah itu akan semakin besar. Dalam Keluaran 14:13-14, Tuhan mengajar bangsa Israel supaya tidak takut karena mereka bersama dengan Tuhan, mereka harus percaya bahwa Tuhan yang akan berperang bagi mereka dan mengalahkan bangsa Mesir.

Orang yang berfokus kepada Tuhan adalah orang yang pasti berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dan membaca dan merenungkan FA serta melakukannya. Dengan melakukan hal-hal ini maka apapun tekanan hidup yang dialami semua bisa diatasi karena kita berfokus kepada Tuhan.

  1. Fokus kepada solusi (Keluaran 14:15-16)

Sebuah perintah kepada Musa untuk mengangkat tongkat dan mengulurkan tanganya kearah laut (Keluaran 14:15-16) kemudian menghasilkan kuasa Tuhan bekerja sehingga terbelahlah laut Teberau. Kuasa Tuhan bekerja bukan hanya sekedar kita berdoa tapi juga ada tindakan iman . Orang yang berfokus kepada solusi maka dia tidak akan menjadi orang yang pasif. Tapi dia akan terus aktif untuk melakukan apa yang harus dilakukan, yang sesuai  dengan kehendak Tuhan.

  1. Jangan menyalahkan orang lain (Keluaran 14:11-12)

Jadilah orang yang berani untuk menerima kenyataan, meskipun dalam keadaan yang begitu sulit. Keadaan bangsa Israel menjadi contoh peringatan dalam kehidupan kita supaya kita tidak menyalahkan orang lain. Bangsa Israel menyalahkan Musa karena membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Orang yang menyalahkan orang lain tidak akan membuat persoalan selesai.

Marilah kita melakukan langkah-langkah ini ketika kita mengalami tekanan batin. Semua persoalan bisa diatasi ketika kita mencari caranya di dalam Tuhan. Tuhan memberikan Firman-Nya untuk kita menang. Amin

 

(Ps.Adry Freddy Koampa)

Ringkasan Khotbah