MEMBANGUN SEMANGAT BERIBADAH

July 1, 2018 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

MEMBANGUN SEMANGAT BERIBADAH

(Keluaran 23:25)

 

Ibadah yang kita lakukan tidak boleh hanya dianggap sebagai rutinitas biasa, akan tetapi ibadah harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan dengan penuh ketulusan. Karena ibadah itu mengandung janji berkat (Kel 23:25), karena Tuhan hadir dalam setiap ibadah. Tapi dengan fenomena sekarang ini, masih banyak anak-anak Tuhan yang hanya beribadah pada saat-saat tertentu. Sebab itu sangat penting kita menyadari arti ibadah dan bagaimana kita bisa membangun semangat untuk kita beribadah. Tuhan mau kita beribadah Dia, karena hanya Tuhan yang mampu untuk memberkati seluruh hidup kita secara total. Ketika kita tidak beribadah dan menyembah Tuhan maka pasti kita akan menyembah berhala.  Di dunia ini, banyak orang yang masih menyembah patung, gunung, pohon dan lain-lain, ini hal yang tidak benar dan tidak dikehendaki oleh Tuhan.

Sebab itu kita harus memilih untuk menyembah Tuhan. Kita beribadah kepada Tuhan yang luar biasa. Sangat wajar dan benar kalau kita menyembah Tuhan yang menciptakan kita, dan bukan kepada ciptaan Tuhan. Inilah alasan mengapa kita menyembah Tuhan. Dalam Mal 3:18..Tuhan akan membuat perbedaan antara orang yang beribadah dengan orang yang tidak beribadah, ini adalah janji Tuhan. Oleh sebab itu sangat penting kita memiliki semangat beribadah. Kita akan pelajari dari seorang yang bernama Zakheus tentang bagaimana menjadi orang yang bersemangat beribadah (Lukas 19:2-10),

  1. JADIKAN TUHAN SEBAGAI FOKUS HIDUP KITA, (Ay.3,4) ketika kita menjadikan Tuhan Yesus sebagai fokus hidup kita maka disitu kita akan merasakan daya tarik yang luar biasa untuk kita datang kepada Yesus. Daya tarik Yesus akan membuat kita datang beribadah. Ketika kita menjadikan Yesus sebagai daya tarik kita maka yang lain tidak akan bisa menarik kita. Yesus harus menjadi prioritas daya tarik kita dalam ibadah, bukan kepada hal yang lain, ketika kita melakukan hal ini maka itu akan menjadi motivasi dalam kita beribadah. Ketika kita menjadikan Yesus sebagai fokus hidup kita maka kita akan siap berkorban bagi Yesus.
  2. DENGARKAN TUHAN dan LUPAKAN YANG LAIN (Ay.5-7), ketika kita menaati suara Tuhan maka kita akan mengalami sukacita. Ketaatan kepada Tuhan adalah sebuah prinsip dalam kehidupan kita. Ada banyak tantangan ketika kita beribadah kepada Tuhan, akan tetapi itu tidak kita hiraukan, karena yang penting adalah kita taat kepada Tuhan untuk beribadah.
  3. KEMAUAN UNTUK BERUBAH (Ay.8), Tuhan berbicara kepada kita lewat ibadah dengan satu tujuan supaya kita berubah. Perubahan ini adalah perubahan ke arah yang lebih baik, sebab itu setiap kali ketika kita mendengar suara Tuhan maka berubahlah.

Seperti Zakheus, maka itulah yang Tuhan mau. dalam kehidupan kita. Pelajaran Firman Tuhan hari ini adalah ketika kita bersemangat mencari Tuhan maka Tuhan pasti akan menolong dengan tepat. Tuhan ketika Dia memanggil Zakheus maka Dia memanggil tepat di bawah pohon Ara.  Karena Tuhan adalah Tuhan yang maha tahu, Dia tahu setiap posisi dan kondisi kita. Sebab itu mari kita jaga motivasi hati kita dalam beribadah. Jadilah orang-orang yang bersemangat beribadah, dan nikmatilah berkat Tuhan yang adalah janji Tuhan..Amin.

 

Ps.Willing Tan

Ringkasan Khotbah