Gereja yang diberkati untuk menjadi berkat

August 27, 2017 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

GEREJA YANG DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT

(Galatia 3:9)

 Tuhan selalu rindu untuk mencurahkan berkat-Nya dalam kehidupan kita. Tuhan mau setiap anak-anak-Nya bukan hanya sekedar berkat tapi berkat yang berkelimpahan sehingga anak Tuhan bukan hanya sekedar menerima berkat tapi juga menjadi berkat bagi banyak orang. Untuk kita menikmati berkat Tuhan yang maka kita harus melakukan dua hal yaitu :

  1. Hidup dari iman (Galatia 3:9), Abraham adalah seorang yang diberkati Tuhan dan untuk kita menikmati berkat Tuhan seperti yang dirasakan oleh Abraham maka kita harus hidup dari iman. Iman adalah keyakinan/kepercayaan kita akan pertolongan Tuhan. Iman juga adalah suatu kesetiaan kita kepada Tuhan. Dalam hidupnya Abraham, mempraktekkan imannya kepada Tuhan sehingga dia diberkati oleh Tuhan.
  2. Hidup takut akan Tuhan (Mazmur 115:12-13), orang yang takut akan Tuhan akan diberkati. Tuhan memberkati tanpa melihat siapapun dia, asalkan dia hidup takut akan Tuhan maka dia akan merasakan berkat Tuhan. Bahkan dalam Firman Tuhan, Keluarga akan diberkati oleh Tuhan ketika keluarga itu takut akan Tuhan, adapun peran anggota keluarga :.Suami (Mazmur 128:4), sebagai kepala keluarga seorang suami yang takut akan Tuhan maka akan merasakan kebahagiaan bukan hanya dirinya sebagai suami tapi juga istri dan anak-anak. Istri (Amsal 31:30), istri yang takut akan Tuhan akan menerima pujian dari suami, anak-anaknya bahkan bagi orang lain. Karena istri yang takut akan Tuhan menjadi pribadi yang baik sehingga dia dipuji oleh orang-orang bahkan dipuji oleh Tuhan. Anak (Mazmur 34:12), anak-anak yang takut akan Tuhan harus menjadi prioritas dalam kehidupan keluarga. Tuhan mengajak anak-anak untuk diajarkan tentang takut akan Tuhan. Anak-anak yang takut akan Tuhan akan memiliki masa depan yang cerah dan diberkati oleh Tuhan.

Bagaimana dalam kehidupan berjemaat ? Dalam Kisah Para Rasul 9:31, diceritakan bagaimana suatu keadaan jemaat yang ada di Yudea, Galilea dan Samaria dalam keadaan damai dan terus mengalami berkat Tuhan bahkan mereka menjadi berkat bagi banyak orang sehingga jumlah jemaat makan bertambah banyak.  Jemaat  saat ini pun bisa  menjadi jemaat seperti ini asalkan kita melakukan seperti yang dilakukan jemaat yang ada di Yudea, Galilea dan Samaria.

Gereja yang diberkati untuk menjadi berkat (Kisah Para Rasul 9:31)  adalah :

  1. Gereja/Jemaat yang dibangun di atas dasar iman.Iman kepada Tuhan Yesus Kristus karena Tuhan Yesus Kristu adalah batu penjuru bagi Gereja. Iman harus terus dibangun, untuk iman itut terus dibangun maka harus banyak mendengarkan Firman Tuhan.
  1. Gereja/Jemaat yang takut akan TuhanDalam bahasa Asli, kata takut di sini bukan takut dengan sesuatu yang mengerikan tetapi kata takut di sini artinya hormat, respek kepada seseorang yang posisinya lebih tinggi dari kita.Artinya disini takut akan Tuhan adalah penghormatan kepada Tuhan. Takut akan Tuhan juga memiliki arti yaitu kesadaran terus menerus bahwa hadirat Tuhan ada dimana-mana dan tidak ada yang tersembunyi baginya.

Bukti kita takut akan Tuhan :

  1. Taat beribadah kepada Tuhan (1 Samuel 12:24; Yosua 24:14-15)
  2. Taat melakukan Firman Tuhan (Ulangan 10:12)
  3. Membenci kejahatan/dosa (Amsal 8:13)

Ketika kita melakukan hal ini maka kita akan mengalami berkat Tuhan yaitu Gereja kita menjadi bertambah kuat dan bertambah banyak (Kisah Para Rasul 9:31). Amin !!!

 (Pdt.Yeni Wuntu,S.Th)

 

 

Ringkasan Khotbah